Implementasi Maulid Nabi Muhammad SAW

www.reyarifin.com - Maulid Nabi Muhammad

Memperingati maulid nabi tahun ini, Alhamdulillah SMK N 1 wonosobo barusaja sukses menggelar acara di gedung adipura.

Semua siswa diwajibkan untuk berangkat dan bahkan di presensi setiap kelasnya, dan juga peserta harus menggunakan pakaian muslim sopan tidak boleh memakai celana jeans, kebijakan yang cukup bagus. Namun masih ada satu dua teman saya yang melanggar itu, bahkan gak berangkat. Saying sekali, karena acara begitu meriah dan berisi. Dari sebelum acara inti sampai setelahnya mendapat perhatian penuh dari peserta. ๐Ÿ˜€

Yap, kenapa ?

Dimulai dengan pembukaan dan lantunan ayat suci alquran, sangat menggugah semangat dan perhatian kami sebagai peserta, terlebih suaranya merdu sekali ๐Ÿ™‚

Kemudian acara dilanjutkan dengan qosidah yang tak kalah merdunya dan pembacaan sholawat simtudduror. Pukulan bas dan alat terbang juga lantunan pujian untuk nabi muhamad SAW lagi-lagi senada dengan hati kami untuk ikut melantunkannya.

Kemudian acara inti yaitu pidato oleh Drs. H Muchotob Hamzah MM yang sangat berkesan.

Di hari peringatan Nabi Muhammad ini ternyata banyak pelajaran yang bisa dipetik dengan meniru keteladanan beiau. Khususnya bagi umat muslim dan umumnya bagi seluruh peserta.

Pada sebuah buku berjudul โ€˜100 Orang Paling erpengaruh Diduniaโ€™ โ€“saya gak tau bahasa inggrisnya- ,penulis berkebangsaan inggris ahli matemaika statistic telah sebelumnya mengadakan riset dan pengkajian siapa to sebenarnya orang yang memiliki pengaruh besar bagi dunia ini.

Dari Amerika ditampilkan George Washington, Abraham Lincoln, dari India ada Ghandi, kemudian dari belahan dunia manapun ditampilkan orang-orang besar. Tak kalah, dari tokoh-tokoh Nabi jaman dahulu pun ikut dikaji, ada Nabi Musa, Isa, Ibrahim dsb.

Dari semuanya itu kemudian di saring dan disaring hingga menjadi 100 orang saja, dan ternyata orang yang menempati posisi pertama sebagai orang paling berpengaruh di dunia tak lain dan tak bukan adalah seorang penggembala pada masa kecilnya yang lahir dari seorang ayah bernama Abdullah dan ibu bernama Siti Aminah. Ya, nabi terakhir Muhammad SAW.

Kenapa bisa ?

Alasannya sangat banyak dan dapat disimpulkan bahwa beliau adalah orang yang mampu mengatur dan memimpin masalah agama dan kenegaraan dalam satu paket yang tak terpisahkan.

Dari Amerika ada George Washington yang sukses memerdekakan Amerika, tapi itu hanya satu bidang. Kemudian Soekarno, hanya satu bidang juga. Napoleon juga. Kemudian ada Nabi Isa yang hanya satu bidang agama saja, juga Ghandi.

Namun Nabi Muhammad, beliau dapat menyeimbangkan umatnya, memimpin umatnya pada dua sisi sekaligus dengan gemilang.

Sebagai paglima perang, ia sukses memimpin pasukan muslim mengalahkan musuh yang lebih besar. Sebagai kepala begara ia sukses memimpin masyarakatnya sejahtera dan tentram. Dan sebagai Nabi, ia mampu mempengaruhi banyak manusia dengan ajarannya yang luhur dan keuniversalannya untuk diamalkan oleh siapa saja, apalagi orang islam. Pada masa itu dan setelahnya, islampun juga ikut berkembang pesat, besar, dan menyebar luas.

Kalau membahas masalah nabi, dirunut kebelakang, banyak sekali nabi yang pada masa kecilnya hidup sebagai penggembala kambing. Ternyata ini memiliki pelajaran tersendiri yang bisa mengantarkan mereka menjadi pemimpin yang handal dan sukses.

Yang pertama,

Seorang penggembala kambing pasti ingin pulang dengan kambing yang kenyang-kenyang. Kata pak Muchotob, itu artinya pemimpin pasti ingin rakyatnya sejahtera, kenyang-kenyang, dan makmur.

Kedua,

Penggembala kambing sangat empati pada kambingnya. Contohnya, ketika kambing digigit harimau, atau serigala, penggembala akan ikut sedih. Artinya, pemimpin harus peduli pada rakyatnya. Jangan ketika rakyat menderita malah biasa saja.

Ketiga,

Penggembala kambing sangatlah sabar. Ketika ada parit menghadang jalannya kambing mencari makan, dia gusah (giring) kambingnya untuk tetap maju, tapi kadang mereka tidak mau dan seorang penggembala sampai harus menggendongnya satu persatu. Sama halnya dengan pemimpin, giringlah rakyat kea rah kemajuan, jangan mudah menyerah. Tuntun mereka kea rah yang lebih baik mesti banyak pro kontra.

Dan sebagai penutup inti, disampaikanlah 7 kebiasaan unggul manusia yang dirumuskan justru bukan oleh orang muslim yang sangatlah klop dengan kebiasaan nabi Muhammad SAW. 7 kebiasaan unggul seorang pemimpin.

  • Belajar seumur hidup

Belajar tidak mengenal usia. Dari kecil sampai besar, bahkan sampai mati orang harus tetap mencari ilmu, tidak harus sekolah tidak harus kuliah tidak harus mondok, tapi sekolah, kuliah, dan pondok merupakan sarana penting pembelajaran.

  • Belajar melayani orang lain

Maksudbya bersikap sopan santun kepada orang lain, misal senyum. Senyum adalah adalah ibadah dan sunnah untuk menyenangkan orang lain (salam). Dihitung juga sebagai shodaqoh.

  • Berani mencoba

Maksudnya kalau tidak berani mencoba kita bukan atau tidak bias menjadi apa โ€œ (positively tp ya)

  • Seimbang (pribadi + golongan)

Seapa-apanya harus seimbang, misal antara urusan dunia maupun akhirat. Urusan pribadi maupun kelompok.

  • Kemampuan memperbaharui diri

Ialah jangan merasa selalu baik karena ada yang lebih baik

  • Hasrat menyempurna

Memang tidak ada yang sempurna kecuali Allah, tetapi yang paling penting adalah ada hasrat untuk menyempurna.

  • Menghormati semua orang

Tidak memandang ras, agama, dll yang berbeda.

Demikian lah, apabila ada salah tulis, sumber, maupun rujukan dan nama atau tokoh yang salah mohon diingatkan dan dikoreksi. Maklum, saya sedikit banyak kurang memperhatikan. Hhe

Semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

Advertisements