Bengawan Solo

Pada hari sabtu tanggal 28 September kemaren aku diajak kakak tingkat dari 2009 untuk mengikuti sosialisasi tentang rumput Vetiver di Kebun Binatang Jurug, pas tepat sebelah timur UNS.

Kenapa memilih di Jurug?

Selain refreshing kita juga melihat-lihat kegersangan Kebun Binatang tersebut yang mulai tidak terurus, khususnya tanaman-tanamannya. Kandang-kandang hewanpun banyak yang rusak dan pernah kejadian juga hewan hewan air seperti buaya pernah hilang gara-gara banjir yang meluap dari Bengawan Solo dulu. Nah, Sosialisasi tersebut juga diikuti dengan acara menanam rumput Vetiver bersama. Rumput ini oleh masyarakat sering disebut dengan Akar Wangipernah denganr?

Rumput Vetiver sangat berguna untuk mencegah erosi tanah yang diakibatkan oleh air run off. Bahkan, akarnya dapat mencapai kedalaman 1 – 2 meter dan cengkraman terhadap tanah sangat kuat. Sehingga sangat efektif sebagai pencegah erosi secara alami. Biasanya rumput ini ditanam di tanah miring sepanjang jalan tol. Coba dech diamati kalo lagi melintasi jalan tol.

Namun diseberang sungai juga terlihat aktivitas alat berat untuk menanam Beton. Ya, beton yang ditanam tingginya mencapai lima meter dan di tanam di sepanjang pinggir sungai. Tujuannya tentu untuk mencegah banjir dan luapan air yang datang, apalagi sekitar bulan November Desember akan memasuki bulan musim penghujan. Jadi air yang meluap tidak akan sampai ke pemukiman karena terhalang beton-beton cor. Kebetulan tidak saya foto.

Tentu penanaman beeton dianggap lebih efektif dari pada menanam tanaman pencegah banjir dan erosi seperti rumput Vetiver. Karena menanam beton lebih cepat hasilnya dari pada menunggu tanaman yang tumbuh berbulan-bulan yang akan datang.

Namun, dampak dari penanaman beton tadi sangat merusak tanah yang berada disekitar karena aktivitas alat berat dan menjadi gersangnya tanah yang tertanam beton. So, semoga langkah kami menanam rumput Vetiver  akan berbuah manis dan cepat tumbuh. hhe 🙂

Penanam rumput Vetiver pencegah erosi

Penanam rumput Vetiver pencegah erosi

Bengawan Solo tercemar

Bengawan Solo tercemar

Klasifikasi Ilmiah Akar Wangi

Akar Wangi

Akar Wangi

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Poales
Famili : Poaceae
Genus : Vetiveria
Spesies : Vetiveria Zizanoides
Advertisements