Mencari Inspirasi atau Meningkatkan Mood?


Untitled-1-1Apa sih perbedaan inspirasi dengan motivasi? saya sebenarnya kurang begitu paham, hanya mungkin mereka adalah suatu hal yang mendorongan seseorang untuk melakukan atau membuat sesuatu. Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan inspirasi/motivasi. Kalau saya lebih ke indera penglihatan dan suasana lingkungan sekitar. Adapula orang lain yang lebih ke indera pendengaran dan perasa, mungkin.

Ketika akan memulai mengerjakan skripsi contohnya, saya sering bingung apa yang harus ditulis dan apa yang harus dibahas. Referensi? apasaja data pendukungnya dsb sering sekali sulit didapat. Biasanya saya langsung buka corel dan browse google image. Alasannya, jenuh dengan huruf-huruf, angka dan kalimat. Karena saya tidak memiliki bakat menggambar dari nol jadinya hanya trace gambar. Entah mengapa bermain dengan pen tool sangat mengasyikkan dan ketika sudah menjadi suatu objek rasanya puas. Meskipun hanya simpel seperti gambar mbaknya diatas.

Setelah selesai, mood saya langsung membaik dan fresh. Tidak semua jenis gambar saya trace, sebagian besar gambar cewek. Ya seperti postingan saya sebelumnya, karena wanita adalah objek yang paling menarik. Meskipun simpel, mengubah gambar menjadi vector (meski outputnya tetep bitmap) menjadi lebih menarik, menurut saya, karena menggunakan warna solid dengan sedikit transparansi.

Setengah tahun yang lalu juga cara yang sama berkaitan dengan indera penglihatan, sebelum proposal saya naik ke G. Ungaran. Saat jenuh di lingkungan kampus memang paling tepat keluar sebentar bersama teman menikmati keindahan alam. Harapannya setelah itu bisa semangat lagi menyusun proposal.

Sebenarnya saya juga bingung mau melanjutkan kalimat apa dipostingan ini karena sekarang ini memang sedang jenuh dengan bab empat 😅

#curhat

Advertisements

Cewek Ngerokok?


smoker girlsApa kesan pertama anda ketika melihat cewek ngerokok?

Honestly, kalau saya sendiri kesan pertamanya “wah ini pasti bad girl nih, suka keluyuran, seringnya sama cowok-cowok”. Mungkin karena selama ini yang saya lihat selalu cewek ngerokok itu sedang bersama cowok-cowok, suka ngomong jorok dsb.

Tapi itu cuman kesan pertama, dilain sisi saya melihat (mungkin tidak selalu) bahwa mereka pandai bergaul, tidak hanya dengan orang tertentu. Buktinya ketika berinteraksi dengan mereka meskipun saya belum mengenalnya namun responnya positif, ramah dan mudah akrab. Meski baru beberapa kali dan sebentar namun berinteraksi dengan mereka itu asyik, mungkin karena mereka sudah terbiasa bergaul dengan cowok. Dan seringnya lebih peka dan care dengan hal/kondisi disekitarnya.

Saya menyukai mereka. Tapi yang masih membuat saya bertanya-tanya adalah mengapa mereka merokok disaat hal tersebut masih menjadi sebuah hal yang tabu bagi sebagian para wanita pada umumnya.

Belum pernah saya tanyakan dan mungkin tidak akan pernah saya tanyakan 😆

Makan Durian? Jangan Lupakan Kulitnya


Musim durian telah tiba, musim durian telah tiba, hore! Hore!

Minggu kemarin pulang kampung eh langsung ditawari durian (red: duren), siapa yang nggak mau coba. Sebagai anak kos yang terkenal ‘ngirit’ belum pernah di kota perantauan beli durian. Ya kali beli satu aja mikir-mikir, harga satu buah durian bisa untuk makan dua hari 😀 Jangan bandingkan harga durian di kota asal durian itu dipetik dengan di kota Solo ini, harganya sangat tidak bersahabat dengan anak kos. Namun tergantung ukuran seberapa dulu yang mau dibeli.

Jadi ceritanya kakak ipar mampir ke rumah bawa lima durian seharga @50k. Yang satu bonus karena beli di tempat langganan katanya. Duriannyapun bukan impor dari kota lain, asli Wonosobo. Katanya panen ini baru seperempat, masih tiga perempat lagi sampai puncaknya. Beberapa desa di Wonosobo memang ada yang terkenal penghasil durian, katanya sih dari daerah Wilayu. Penampakannyapun bagus tanpa cacat dan warna kulit hijau agak kekuningan, baunya harum pertanda sudah matang. Dan benar saja, begitu membuka satu buahnya terlihat kuning mulus empuk tebal, sampai-sampai saya dapat yang sebesar mouse votre (yang pernah pake mouse kerlap-kerlip led warna warni pasti tau kan ukurannya seberapa) dengan biji yang hanya sebesar satu ruas ujung jari telunjuk, bayangkan coba, harta karun mah ini. Baru kali ini saya mendapatkan buah durian dengan biji sekecil itu, heran juga. Coba kalau tanaman durian dikembangkan menjadi tanaman penghasil buah durian tanpa biji, pasti puas meski Cuma makan satu durian. Rasanya manis banget ada juga yang saking manisnya sampai pait. Yang pait-pait begini ni bikin nikmat.

Paling banter makannya saya sama adek, bapak kebetulan tidak bisa makan durian karena baru makan obat katanya, sedangkan mamake lagi sibuk masak dan sesekali makan satu biji dua biji. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih kata mamake kalau makan durian dan saya baru tau juga ternyata makan durian nggak asal makan trus kalau eneg tinggal minum

1. Jangan membuka bongkahan baru sebelum buah di bongkahan sebelumnya habis

Biasanya sih isi satu bongkahan 3 – 4 biji, saya kebetulan belum pernah menemukan yang sampai lima biji. Katanya kalau terlalu lama dibiarkan terbuka nanti aroma dan citarasnya berkurang, jadi kurang nikmat. Meskipun dilidah saya sama saja sepertinya 😀

2. Minum dengan kulit durian sebagai wadahnya

Harus banget? Terbukti memang cara seperti ini cukup efektif untuk menghilangkan rasa eneg setelah makan durian apalagi kalau makan banyak-banyak, istilahnya sebagai penetralisir. Dari beberapa sumber setelah saya browsing ternyata kulit durian mengandung 5% Lignin, 5% Pektin dan 60% selulosa yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri didalam mulut, terutama bakteri penyebab bau mulut dan penyebab penyakit.

3. Cuci tangan dengan air dalam kulit durian

Saya juga agak kurang nyaman dengan baunya setelah makan durian. Ini akibat saya tidak menerapkan point ketiga katanya. Dengan sedikit menuangkan air kedalam kulit durian sebagai cawan, mengaduknya dengan telunjuk sampai menyentuh kulit ari kemudian untuk cuci tangan bisa mengurangi bau durian ditangan karena beberapa kandungannya tadi.

Namun jangan lupa juga untuk tetap cuci tangan dengan sabun dan gosok gigi setelah makan durian biar nggak mingin-mingini orang lain. Sebaiknya juga tidak berlebihan makan durian karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Akhirnya, saya bawa satu ke Solo untuk teman kos. Testimoni merekapun sangat puas.

 

Referensi:

http://www.tribunnews.com/lifestyle/2018/03/01/tidak-hanya-mitos-minum-air-di-kulit-durian-ternyata-bisa-cegah-panas-dalam

https://www.kompasiana.com/nurkholis1/kulit-durian-penetralisir-mitos-atau-fakta_54f77e42a33311256f8b45f6

https://propilnikmat.wordpress.com/2017/02/05/first/

Pinky Pink Girl


gabungan Nama panggilannya nuchil, dia salah satu idola saya. Ya tiba-tiba saja kangen dia, bukan tiba-tiba sebenarnya, dia selalu ada dipikiran saya. Untuk mengobati kangen itu saya buatlah vector portrait. Fotonya saya ambil dari instastory dia, gimana caranya? bisa dibaca di postingan saya sebelumnya 😀

Kenapa saya ngefans sama dia? ya mungkin dari face dulu memang yang pertamakali, manusiawi lah. Namun paling penting adalah dia orangnya baik dan memiliki aura keceriaan (penggembira) meski jutek-jutek gitu saat pertama kali melihatnya. Kalau sudah kenal mah beda lagi, bakalan betah berada didekatnya meski dianya enggak 😆

Btw, salah satu idola? brarti ada banyak dong idola mas jun? iya memang, tapi dia seharusnya tidak untuk sekedar diidolakan.

Who knows!

Paling suka liat dia memakai busana pink, mungkin bukan warna kesukaannya dan belum pernah secara langsung melihat her pinky. Setidaknya ketika wajahnya di balut warna itu kelihatan lebih seger dipandang, dasar mata lelaki.

Katanya sih dia suka memekai busana motif bunga-bunga, seringnya di kerudung, tapi susah juga kalau harus tracing foto dia pas berbusana motif bunga-bunga.

Sory curhatan malam 😀

Cara Mendapatkan File (Image & Video) Story Instagram Orang Lain Menggunakan Firefox


Cara yang paling mudah untuk menyimpan instastory orang lain melalui hp Android tentunya dengan cara screenshot maupun dengan menggunakan aplikasi terutama untuk video. Namun dengan screenshot ukuran file menjadi lebih kecil, dan melalui aplikasi sedikit ribet karena harus install aplikasinya terlebih dahulu yang menurut saya lumayan sayang kalau harus menambah beban ram untuk aplikasi yang kurang penting.

So, mari gunakan aplikasi yang sudah biasa kita gunakan untuk berselancar didunia maya. Mozilla Firefox, merupakan aplikasi browser terbaik sekarang ini dan paling banyak dijumpai pada pc/laptop based on Windows OS orang Indonesia, selain Google Ghrome tentunya. Kelebihan Firefox saat ini dua kali lebih cepat, 30% lebih ringan dari Chrome, fitur private browsing yang lengkap, smooth and responsive browsing dan fitur web developer lengkap. Dengan beberapa fitur pembacaan elemen dan media pada konten website memungkinkan semua media termasuk gambar dan video unclickable dapat dilacak ke source aslinya. Dan disini saya akan memaparkan cara untuk mengunduh gambar atau video instastory orang lain meskipun media yang ditampilkan tidak dapat diklik kanan untuk save image as terutama. Kenapa Instagram memproteksi media postingan usernya? Hal ini tentu berhubungan dengan privasi dan copyright.

Baca juga: Cara Melihat Foto Profil Instagram Ukuran Asli

Cara berikut ini juga bisa dilakukan untuk mengunduh gambar/foto dan video dari postingan di Instagram. Sebelum menginjak ke langkah pertama tentu pastikan pc/laptop sudah terinstall Firefox terlebih dahulu.

1. Buka dan Login Instagram

Langsung saja menuju https://www.instagram.com/ untuk kemudian masuk ke akun anda. Kalau tidak punya akun bagaimana kak? ya tidak mungkin 😀 haha jaman now. Kalaupun memang belum punya akun instagram langsung daftar saja, jangan malu-malu, paling mudah daftar menggunakan akun facebook.

1

2. Pilih Story / Postingan Target

Oh iya kalau anda baru mendaftar mungkin belum ada story dari teman-teman karena mungkin anda belum follow akun instagram orang lain, jadi pastikan follow akun orang lain terlebih dahulu. Pastikan juga setelah langkah ini (karena kita akan mengunduh photo story maupun video yang memiliki durasi terbatas) dengan cepat menuju kelangkah berikutnya.

2

3. Buka Page Info

Caranya dengan mengklik icon gembok (biasanya berwarna hijau) pada address bar sebelah kiri, pilih pada baris tulisan http://www.instagram.com dan klik tombol panah kekanan, kemudian pilih more information.

4. Masuk ke Tab Media

Pilih  icon roll film bertuliskan Media. Disitu kita dapat melihat semua media gambar, icon dan video pada halaman web yang sedang terbuka. Silahkan langsung cari media yang ber type kan image atau video, klik barisnya dan dibawah akan ada preview dari media yang dipilih.

Save as video

5. Save as

Klik tombol save as kemudian pilih folder penyimpanan dan isikan nama file yang diinginkan.

Done.

You can also easily keep pace the tutorial with my ‘how to’ video below 😀

Cara Melihat Foto Profil Instagram Ukuran Asli


Bagi yang suka kepo ataupun iseng koleksi foto profil instagram orang lain boleh nih dicobain cara melihat foto profil asli instagram untuk kemudian di save dan di edit-edit sesuka hati bagi yang suka ngedit foto. Meskipun ukuran dimensi sama persis dengan foto asli, kemungkinan besar ukuran file sudah dicompress oleh sistem upload agar file tidak terlalu berat ketika diproses dalam website. Ada dua cara yang akan saya paparkan yaitu melalui Android ataupun PC browser.

1. Melalui Android

  • Pertama-tama buka Instagram dan buka profile page sang target. Pada bagian pojok kanan atas terdapat tiga titik vertikal, tap dan pilih Copy Profile URL.Screenshot_2018-01-21-11-47-54
  • Kedua, buka browser (saya menggunakan UCBrowser Mini) kemudian paste kan url tadi ke dalam address bar, enter atau GoScreenshot_2018-01-21-12-46-35
  • Langkah ketiga, Tap and hold gambar foto profilnya dan akan muncul pilihan, jangan dulu keburu save image, pilih open image.Screenshot_2018-01-21-12-47-03screenshot_2018-01-21-12-47-38.jpg
  • Gambar yang terbuka adalah ukuran 150×150 pixel, lanjut ke langkah berikutnya
  • Keempat, ini adalah bagian intinya. Karena apabila dengan browser lain mungkin akan sedikit berbeda setelah masuk langkah kelima. cek url atau tap url pada bagian address bar, cari tulisan s150x150 (minimal 150×150) atau bagian urutan kedua dari kanan tulisan yang dipisahkan dengan slash. Hapus tulisan tersebut sampai satu slash ikut terhapus. Enter atau Go.Screenshot_2018-01-21-12-48-53Screenshot_2018-01-21-12-50-17asScreenshot_2018-01-21-12-49-50
  • Kelima, jangan dulu keburu save image, tap and hold gambarnya lalu pilih open image kemudian pilih Original Image. Anda sudah mendapati gambar asli lalu Tap and hold pada gambar lalu pilih save image untuk menyimpannya.Screenshot_2018-01-21-12-50-05Screenshot_2018-01-21-12-50-17

2. Melalui PC Browser

  • Pertama-tama buka browser anda, saya menggunakan Mozilla Firefox dan buka profile page sang target dengan cara mengetikkan url https://www.instagram.com/username. saya menggunakan username nunung.nh atau silahkan cari user melalui text pencarian di instagram.com, pabila sudah terbuka silahkan klik kanan pada bagian gambar foto profilnya lalu pilih view image.firstfirst--
  • Kedua, ini adalah bagian intinya, cek url atau tap url pada bagian address bar, cari tulisan s150x150 (minimal 150×150) atau bagian urutan kedua dari kanan tulisan yang dipisahkan dengan slash. Hapus tulisan tersebut sampai satu slash ikut terhapus. Enter.secondsecond--
  • Ketiga, anda sudah mendapati file gambar asli. untuk menyimpannya tinggal klik kanan lalu pilih save image as.third--

Semoga bermanfaat 😀

 

Malas itu “Mahal”


Malas, merupakan salah satu penyakit serius dan diakui atau tidak setiap orang cenderung akan bermalas-malasan pada satu titik kondisi tertentu karena hal itu mengenakkan, kadang disamakan dengan memanjakan diri, refresh, relaksasi dsb. Dan saya baru sadar ternyata bermalas-malasan ada harganya dan harus segera dihilangkan sifat malas itu, contohnya nih:

Malas sikat gigi → mulut bau, sering sariawan, panas dalam, bibir pecah-pecah, jadi sering mengkonsumsi larutan penyegar, pereda panas dalam, beli vitamin C dan kalau parah keluar duit untuk berobat

Malas makan makanan sehat → jadi gampang sakit, keluar duit buat beli obat atau ke dokter

Malas masak → keluar beli makanan yang harganya sekali makan bisa buat makan sehari jika masak sendiri

Malas keluar cari makan → ngeGo-food yang ongkos pengantaran bisa sama dengan harga satu porsi makanan

Malas olahraga → badan kurang bugar jadinya lebih banyak beli multivitamin

Malas nyuci pakaian sendiri → sekali ngeloundry ongkosnya bisa buat beli detergen yang habis 3 – 4 minggu

Malas ngerjain skripsi → nambah semester dengan biaya bisa buat beli dua laptop baru as*s core i3

Malas apalagi ya? 🐻 😀